Rabu, 06 November 2013

KISAH DARI TERNATE

Ternate, 1 November 2013 – Pkl. 21.00 WIT

Ini adalah sebuah cerita perjalanan saya kembali Ternate setelah sebelumnya pada 2010 pernah ke daerah ini juga untuk PKL selama 9 bulan..
Waktu itu saya dapet sms dari bagian SDM BMKG bagian ticketing, kalo tanggal keberangkatan untuk Saudara Vianca Adjie Dwi Putra ke Ternate adalah 20 September 2013 by Lion Air. Wah ga kaget sih sebenernya karena emang pas pendataan kemaren di kantor pusat saya tulisnya minta Lion tapi yang Direct. Ternyata eh ternyata Lion yang ini transit via Manado tapi di sana nunggu 2 jam-an.  Alhasil negosiasi di mulai dengan Sang mba2/mas2 untuk minta by Sriwijaya aja. Oke negosiasi berhasil walaupun ga dapet yang direct tapi dapet yang transit Makassar by Sriwijaya dengan boarding jam 00.00 WIB. Belom selesai ceritanya, setelah menunggu sampe 1 jam di ruang tunggu, akhirnya kita di minta untuk masuk ke pesawat, berarti delay 1 jam sodara-sodara.. Penumpang pun menempati posisinya masing2, kita simpan barang2 di kabin dan duduk sambil nunggu untuk take off. Padahal udah mau sleeping mode : ON, sambil nunggu setengah jam, mungkin karena ada penumpang belum dateng.

Ternyata setelah setengah jam nunggu di pesawat dan uda posisi PW semua, kita penumpang di minta keluar pesawat dan nunggu lagi di ruang tunggu karena ada gangguan teknis di pesawat (What???). Ya ada yang marah, ada yang ngedumel tapi ada juga yang senyum aja reaksi para penumpangnya. Akhirnya nunggu lagi di ruang tunggu hampir 1 jam, dan kita di kasih “waiting snack” oleh manajemen Sriwijaya. Lumayan.. Pesawat pengganti udah standby dan kita pun diminta untuk masuk ke dalam pesawat.
    Wuzz, akhirnya pesawat take off juga untuk meninggalkan Jakarta, Bekasi dan semua cerita yang ada di dalamnya… Perjalanan Jakarta – Ternate kalo direct sekitar 3 jam 15 menit, karena delay 2 jam dan transit di Makassar setengah jam jadi berangkat jam 02.30 WIB – 10.00 WIT. Dan tiba di Makassar dengan penumpang tujuan Ternate tetap menunggu di dalam pesawat selama setengah jam. Inilah pertama kalinya saya sampe di Makassar.

   
Setelah perjalanan yang cukup lama sampailah kami di Ternate.. Sebelum turun ternyata salah satu pramugara nya nanya ke saya : “ dari AMG ya mas?” (qo dia tau?? Iyalah orang saya pake jaket batalyon yang ada tulisan nya AMG! :P ) terus saya jawab : “ owh iya mas saya dari AMG.” Dia nanya lagi : “ kenal dede sunarya ga? Itu temen SMA saya, dulu saya juga sebenernya daftar AMG juga tapi ga di terima.hoho “ Saya jawab lagi : “ iya mas kenal, mas dede senior saya, pas dia lulus saya masuk. “ dia pun ngomong lagi : “ salam buat dede ya mas dari Ibrahim, terima kasih ” saya jawab lagi : “ sama-sama, Insya Allah saya sampein salamnya mas” setelah percakapa yang ga gitu lama tapi ga sebentar juga akhirnya saya pun turun tangga pesawat dan menginjakkan kaki kembali di TERNATE…

TO BE CONTINUE…

Ternate, 6 November 2013 – Pkl. 14.11 WIT

Inilah penampakan depan STASIUN METEOROLOGI KLAS I BABULLAH TERNATE…
( WAMT / 97430 ). Di sinilah tempat saya bertugas, di belakang kantor persis ada Gunung Gamalama yang posisinya emang terletak di tengah-tengah pulau.. (kereen + ngeri juga kalo lagi erupsi… :P ).
Oke Astrofams, ada beberapa hal unik yang bakal saya share ke kalian! Yuk mari Cekibrot…
1.    Tinggal dengan Kasmet
Ya, sementara ini saya tinggal satu rumah dinas dengan “Bigboss” yang letaknya di belakang kantor TU. (FYI : kantor operasional & TU di sini misah 200 m-an)
Beliau juga baru mutasi dari Ambon & dapet tugas di Ternate. Ternyata beliau adalah bapaknya Robbi Akbar Anugrah ( Jr.2010 ) & temennya Pakde saya (read:bapaknya gita) selama di Batam. Beliau orangnya baik, sederhana, suka  tanem2 tumbuhan dan yang paling saya salut beliau rajin banget sholat di mesjid! Dari beliau saya belajar : untuk menjadi seorang pemimpin yang di baik ga perlu mengesankan wibawa & kemewahan, tapi dengan kesederhanaan dan menjaga hubungan yang baik antara manusia dengan manusia, dan manusia dengan Tuhan-Nya itu adalah kunci yang paling penting. ( two thumbs up buat Pak Sulimin!  )
2.    Oto / angkot nya Ternate
Ini nih yang mungkin di sebagian wilayah Timur juga merasakan kalo OTO nya itu full modifikasi n full music gitu. Bayangin dari jarak sekitar 100 m-an dentuman bass dari OTO itu bikin kaca2 yang ada bergetar! Ga kebayang yang ada di dalem itu kaya apa kupingnya?! Terus terang sampe sekarang saya belom pernah naek OTO itu, ya daripada nanti keluar2 bud** mending ga deh, makasi..hoho. Terus yang ga kalah “unik” lagu yang lagi nge Hits di OTO itu astrofams…Kira2 bunyi liriknya kaya gini…(agak gimana gitu mau nulis liriknya..tapi baiklah...) “ Aku gadis tapi bukan perawan, keperawananku sudah hilang..Gara2 pacaran, sering mesra2an, belum nikah tapi hamil duluan.. “
(SERIOUSLY?! ARE YOU KIDDING?! ABSOLUTELY YES AND I TOLD THE TRUTH GUYS..) Gimana menurut kalian?! Ya sebenernya bingung juga, mau di apresiasi karena jadi ingetin bahaya pacaran ato miris hati karena setiap hari anak2 kecil n orang2 harus denger yang beginian…(T.T).
3.    Bahasa Ternate
Yuk kita belajar sedikit bahasa Ternate.
Tong / Torang / Kita    : artinya bisa saya bisa kita juga
Ngana / ngoni              : artinya kamu
Saya                           : artinya iya, ini biasanya dipake kalo kita mau jawab
Kamuka                     : artinya duluan
Lombo                       : artinya lemah atau istilah untuk sesuatu yang ga kuat
Maitua n Paitua           : artinya istri n suami / pacar
Sebe                           : artinya bapak
Baronda                      : artinya jalan2
Barang                        : artinya emangnya / soalnya
Bafoya                        : artinya bohong
Terus ada beberapa kalimat  yang biasa dipake disini.. kalo untuk ngegodain anak kecil cakep : “ade, cepat besarkah..” atau ungkapan ngeliat orang ganteng : “ngana gagah sampee..” hohohoho..
Mungkin segitu aja cerita tentang beberapa keunikan di sini, sebenernya masih banyak sih, tapi nanti kaya bikin buku jatohnya, kebanyakan..hoho
Buat seluruh Astrofams dimana pun kalian berada tetep semangat ya.. saya yakin setiap daerah atau tempat punya ceritanya masing2.. yuk mari kita kurangin mengeluhnya.. agak gimana sih sebenernya kalo ngeliat temen2 yang kerjaannya di penempatan ngeluh terus.. memang si, boong banget kalo saya ini ga kangen ma rumah, keluarga atau bekasi, omong kosong kalo saya juga ga ngerasa bosen dengan aktivitas yang monoton atau ga kesel gara2 listrik yang byarpet byarpet terus...Demi Allah saya ngerasain juga apa yang temen2 rasain.. saya berusaha untuk ga ngeluhin itu di media sosial karena ga mau nanti ada keluarga ato temen yang baca malah jadi bikin mereka khawatir, ternyata di sini saya ga senyaman di sana atau saya menderita banget..
    Memang mungkin kondisi di sini lebih baik daripada di tempat lain misalnya Saumlaki (upss, no offense dhan.. hoho). Atau mungkin aja saya ga bakal bisa se tegar seseorang yang penempatan nya dapet di buntok, nanga pinoh, saumlaki ataupun tanah merah. Tapi kita bisa ambil hikmah dari ini semua kalo terkadang itu kita memang harus keluar dari zona nyaman kita (comfort zone) supaya kita tau sampe mana batas kemampuan & daya tahan kita. Dari situlah nanti kita tau betul segala kelemahan & kelebihan yang kita miliki.. Belum tentu yang dapet penempatan di kota besar se nyaman kita lingkungan kerjanya, ada aja yang ngeluhin ga ada temen lah yang buat di ajak main, ada yang kasmetnya gimana atau ada pegawai rese di kantor.
   
Alhamdulillah saya bersyukur bisa di tempatin di sini.. memang Tuhan itu ga akan pernah ngasih cobaan yang umat-Nya ga mampu untuk ngadepin nya..
Ayo buat yang lagi D4 , Nurul, Okta, Dewi, Tyo & Tomi kalian yang semangat dengan segala kesibukan dan perjuangan yang ada di sana.. kita semua sama2 berjuang, dan kita akan tetap saling menguatkan, jadi ga perlu khawatir sebenernya..
    Saya juga bersyukur banget punya temen2 seperti kalian, yang selalu menguatkan, memberi nasihat, dan mengingatkan ketika saya keliru….hiks..hiks…
Banyak warna di setiap cerita, alangkah lebih berwarnanya cerita saya jika tanda Tanya di gambar itu sudah terjawab… :P (mohon doanya..hoho). Saya tidak bermaksud menggurui ataupun merasa paling hebat, saya Cuma ingin berbagi cerita & inspirasi untuk kita semua.. INI CERITA GW, GIMANA CERITA LO ?!


                                THE CUTEST PERSON



                                 VIANCA ADJIE DWI PUTRA
                                 19910614 201012 1 001

3 komentar:

  1. ternate itu dimana vi????



    *purapuragilak
    hahhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternate tadinya di planet krypton,tapi Tuhan pindahkan ke Maluku Utara ren.. :D

      Hapus
  2. siapa itu Gita?
    btw Pak sulimin kalo ditanya tentang tujuan hidupnya bukan harta lagi yang dia cari tapi ngumpulin buat tabungan akhirat yang paling penting hehe. Semoga kita juga bisa gitu ya hihi amiin xD

    BalasHapus